Nike terus melanjutkan rencana pasar NFT-nya di tengah Pasar crypto yang mungkin sedang kacau. Nike meluncurkan proyek NFT market yang dibangun di atas blockchain Polygon. Platform akan fokus mendorong layanan Web3.
Menampilkan NFT untuk semua jenis pakaian virtual bermerek Nike, termasuk desain sepatu kets ikonik, clothing lines, barang koleksi, dan banyak lagi.
NFT adalah token blockchain yang dapat mewakili kepemilikan dalam item digital unik, seperti profile picture (PFP) atau avatar, barang koleksi, dan pakaian digital. Pasar NFT melonjak hingga volume perdagangan senilai $25 miliar pada tahun 2021.
Pada tahun 2021, Nike membeli NFT dan startup pakaian digital RTFKT sehingga menjadikan Nike salah satu pemain dunia mode terbesar di Web3 melalui RTFKT.
Grab your kicks π
— Polygon - MATIC π (@0xPolygon) November 14, 2022
+ BRING ππ½ YOUR ππ½ A ππ½ GAME ππ½@Nike is building their web3 experiences exclusively #onPolygon πͺπΎ
This is the first step of the journey, and we can't wait to see how Nike engages its community through #web3https://t.co/bk19RLNodX
Platform .Swoosh menggunakan Polygon
Polygon adalah sebuah jaringan Ethereum Layer-2 yang memungkinkan transaksi lebih cepat dengan biaya gas yang lebih rendah. Sedikit berbeda dengan Nike NFT sebelumnya, yang menggunakan blockchain Ethereum "biasa".
Beralih ke Polygon, karena sidechain lebih cepat, dan biasanya lebih mudah untuk meningkatkan operasi. Setelah Starbucks, Disney, dan Adidas, Nike juga mengambil bagian dalam daftar merek yang dibangun di blockchain Polygon.
Brands building on @0xPolygon:
— Aylo (@alpha_pls) November 15, 2022
• Nike (announced today)
• Adidas
• Starbucks
• Meta
• Robinhood
• Ebay
• Disney
• Stripe
• Adobe
Looks like adoption to me.
Sejak saat itu, Nike dan RTFKT telah berkolaborasi dalam sepatu kets NFT digital berbasis Ethereum yang disebut CryptoKicks, yang dapat dimodifikasi dengan menggunakan NFT Skin Vial.
Nike membeli nama Ethereum Name Service (ENS) dotswoosh.eth seharga $35.000 nilai ETH pada bulan Mei. Nama ENS dapat digunakan untuk menunjuk ke dompet crypto atau jenis situs web tertentu.
Menurut data blockchain publik yang dikumpulkan melalui Dune, Nike telah menghasilkan $93 juta hingga saat ini dalam penjualan NFT primer dan royalti perdagangan NFT senilai $92 juta lainnya. Sebagian besar pendapatan itu berasal dari CloneX dan rilis RTFKT non-Nike lainnya.
RTFKT terkenal dengan proyek CloneX PFP-nya, yang dibuat bersama dengan artis terkenal Takashi Murakami yang telah diluncurkan pada November 2021. Hingga saat ini, proyek tersebut telah menghasilkan volume perdagangan pasar sekunder senilai $762 juta, per data dari CryptoSlam.
.Swoosh NFT pertama akan berlangsung pada Januari 2023. Nike kemungkinan akan memberikan petunjuk tentang apa yang akan ditampilkan oleh penurunan NFT. Pendaftar baru akan mendapatkan akses ke platform beta .Swoosh, yang akan diluncurkan sepenuhnya pada Januari 2023.