Empat Cara Untuk Melindungi Diri Anda Dari Phishing
- sesuatu yang Anda ketahui — seperti kode sandi, PIN, atau jawaban atas pertanyaan keamanan.
- sesuatu yang Anda miliki — seperti kode sandi verifikasi satu kali yang Anda dapatkan melalui teks, email, atau dari aplikasi autentikator; atau kunci keamanan
- sesuatu tentang diri Anda — seperti pemindaian sidik jari, retina, atau wajah Anda
- Otentikasi multi-faktor mempersulit penipu untuk masuk ke akun Anda jika mereka mendapatkan nama pengguna dan kata sandi Anda.
4. Lindungi data Anda dengan mencadangkannya. Cadangkan data di komputer Anda ke hard drive eksternal atau di cloud. Cadangkan juga data di ponsel Anda.
Apa yang Harus Dilakukan jika Anda Mencurigai Serangan Phishing
Jika Anda mendapatkan email atau pesan teks yang meminta Anda untuk mengeklik tautan atau membuka lampiran, jawab pertanyaan ini:
"Apakah saya memiliki akun di perusahaan atau mengenal orang yang menghubungi saya?"
Jika jawabannya “Tidak”, bisa jadi itu adalah penipuan phishing. Kembali dan tinjau saran di Cara mengenali phishing dan mencari tanda-tanda penipuan phishing. Jika Anda melihatnya, laporkan pesannya, lalu hapus.
Jika jawabannya “Ya”, hubungi perusahaan asli menggunakan nomor telepon atau situs web yang Anda tahu — bukan informasi dalam email. Lampiran dan tautan mungkin memasang malware berbahaya.
Apa yang Harus Dilakukan jika Anda Menanggapi Email Phishing
Jika Anda merasa mengklik tautan atau membuka lampiran yang mengunduh software berbahaya, perbarui software keamanan komputer Anda. Kemudian jalankan pemindaian dan hapus apa pun yang diidentifikasi sebagai masalah.